Kenali Gelaja Stroke, Penyebab, dan Pencegahannya

SHARE
Kenali Gelaja Stroke, Penyebab, dan Pencegahannya

Stroke merupakan suatu penyakit yang bisa membunuh penderitanya dengan cepat atau membuatnya tersiksa selama sisa hidupnya. Stroke bisa menyerang siapa saja baik usia muda maupun usia lanjut.

Dari catatan yang ada, penderita penyakit ini di Indonesia selalu meningkat setiap tahunnya. Lalu apa itu stroke?Stroke adalah penyakit pembuluh darah otak atau bahasa medisnya disebut serebrovaskuler.

Penyakit yang menyerang otak secara mendadak ini diakibatkan tersumbatnya atau pecahnya pembuluh darah yang ada didalam otak sehingga stock darah beserta oksigen didalam otak berkurang.

Jika pasokan darah dan oksigen sudah berkurang didalam otak maka bisa mematikan sel-sel saraf otak. Penyakit mematikan ini memiliki 2 macam penyebab yakni bisa dari keturunan dan riwayat penyakit.

2 Macam Penyebab Penyakit Stroke

Kenali Gelaja Stroke, Penyebab, dan Pencegahannya

Faktor keturunan disebabkan dari orang tua yang memiliki penyakit stroke dan menurun keanggota keluarga lainnya. Meskipun faktor ini juga tidak menjamin anggota keluarga lain akan menderita penyakit stroke. Menurut medis, ada faktor lain yang bisa memicu penyakit ini jika tidak melakukan pola hidup sehat.

Kebiasaan merokok, minuman berakohol, bersoda dan mengonsumsi makanan yang tidak sehat seperti makanan siap saji dan berlemak dapat memicu penyakit ini dengan mudahnya menyerang. Faktor yang kedua yakni faktor riwayat kesehatan seperti kolesterol, arteriosklerosis, hipertensi, migran, diabetes, obesitas juga menjadi pemicu stroke menyerang.

Seseorang yang sudah menderita penyakit stroke akan sulit untuk diketahui. Rata-rata seseorang yang menderita penyakit stroke akan tahu setelah penyakit ini sudah akut. Untuk itu ketahui gelaja penyakit stroke sejak dini. Berikut gejala-gelajanya.

1. Bagian tubuh yang umumnya seperti kaki dan tangan seperti mati rasa dan kesemutan.
2. Ingatan sering lupa dan  tiba-tiba sulit berbicara.
3. Gangguan pengelihatan disalah satu pengelihatan seperti gelap dan berbayang.
4. Kehilangan kesimbangan di kaki dan sulir berjalan.
5. Sering mengalami sakit kepala.

Baca Juga: Hindari Kesalahan Ini Saat Sedang Bekerja

Bagi anda yang masih dalam keadaan sehat, teruskan menjalani pola hidup sehat untuk mencegah stroke menyerang anda dengan cara berolah raga bisa jogging, jalan santai, dan kegiatan olah raga lainnya.

Dengan berolah raga sirkulasi darah tentu akan terjaga dan lancar. Pencegahan kedua dengan kurangi garam karena garam akan meningkatkan tekanan darah dalam tubuh, selanjutnya tidak tidur berlebihan karena sirkulasi darah tidak akan lancar. Idealnya tidur hanya 7 hingga 8 jam

Wanita kelahiran Bogor, 1 Mei 1994. Gemar membaca dan menulis di blog. Sekarang bekerja di Media Optify Indonesia sebagai Content Writer.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY