Kenali Gejala-Gejala Luka Batin

SHARE
Kenali Gejala-Gejala Luka Batin

Setiap orang pasti pernah merasakan sakit hati, dan stress. Sakit itu adalah bagian dari luka batin. Luka yang terjadi di lapisan batin ini disebebkan adanya tekanan yang berat atau luar biasa. Tekanan yang terus menurus terjadi menyebabkan batin yang terluka.

Batin yang sudah terluka akan membuat penderitanya menjadi sedih, marah disertai dengan emosi yang tidak terkendali atau meluap-lupa. Hidup penderita menjadi tidak terarah dan tidak memiliki semangat dan motivasi hidup. Seseorang yang menderita penyakit batin atau luka batin akan merasa hari-harinya kelabu dan yang paling terparah, penderita bahkan bisa mengakhiri hidupnya.

Penyebab luka batin bermacam-macam. Biasanya terjadi akibat hubungan asmara, karir, dan ekonomi. Luka batin lebih banyak menyerang remaja. Disaat masa remaja adalah masa pengenalan diri dimana emosi belum stabil.

Masa remaja juga akan mempunyai hasrat berhubungan seksual dengan lawan pasangannya sebelum menikah. Kasus ini yang paling banyak menimpa wanita yang masih remaja mengalami luka batin. Untuk itu peran orang tua sangat dibutuhkan agar anak terhindar dari luka batin. Orang tua harus mengenali gejala-gejala luka batin yang bisa saja anak Anda sering mengalaminya.

Gejala-Gelaja Seseorang Sedang Luka Batin

Kenali Gejala-Gejala Luka Batin

Selalu Menangis Tanpa Alasan    

Jika sang anak sering muram, terpuruk, atau matanya sembab bisa jadi anak Anda sedang mengalami luka batin. Dekati sang anak dan ajaklah berbicara alasannya menangis. Dengan selalu berkomunikasi, anak akan mempercayai Anda sebagai orang yang dapat dipercaya dan orang yang dapat membuatnya nyaman.

Mudah Marah Atau Tersinggung

Anak yang sudah terluka batinnya akan lebih mudah marah dan tersinggung dengan pertanyaan yang Anda ajukan. Saat anak Anda sedang mangalami hal ini, Anda harus lebih bersabar dan jangan membentaknya. Sang anak akan lebih marah jika Anda memarahinya. Dekati sang anak dan tanyakan dengan perlahan apa yang sebenarnya terjadi.

Baca Juga: Kenali 3 Penyakit Anak Yang Paling Menular

Tidak Nafsu Makan

Luka batin juga akan membuat nafsu makan anak menjadi berkurang. Jika luka batinnya sudah parah, anak bisa-bisa tidak ingin makan sama sekali. Luka batin akan membuat kesehatannya terganggu. Jika sudah terjadi hal seperti ini segera hubungi dokter psikolog agar sang anak tidak menyiksa dirinya sendiri.

Wanita kelahiran Bogor, 1 Mei 1994. Gemar membaca dan menulis di blog. Sekarang bekerja di Media Optify Indonesia sebagai Content Writer.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY