Kenali 3 Penyakit Anak Yang Paling Menular

SHARE
Kenali 3 Penyakit Anak Yang Paling Menular

Moms, ketika menjaga anak, bukan hanya makanan dan mainannya saja yang diperhatikan bukan, tapi lingkungannya juga harus diperhatikan. Mengapa lingkungannya?

Anak akan lebih senang jika bermain bersama teman-temannya di lingkungan sekitarnya. Namun teman termasuk lingkungan yang justru bisa membahayakan bagi si kecil.

Kata membahayakan bukan berarti anda harus membatasi anak anda bermain. Tetapi batasi anak jika ada salah satu teman mainanya yang sedang sakit. Kekebalan tubuh anak berbeda dengan orang dewasa. Anak akan mudah diterpa berbagai penyakit.

Jika ada salah satu teman bermainnya sedang memiliki penyakit, anak Anda akan rentan terkena dampaknya. Anak Anda bisa aja tertular. Penyakit-penyakit dibawah ini bisa menular karena mikroorgamisme patogenik seperti bakteri, virus, dan parasit menempel di tubuh anak Anda.

Jauhkan Anak Anda Dari 3 Penderita penyakit ini

Kenali 3 Penyakit Anak Yang Paling Menular

Cacar Air

Penyakit ini disebabkan oleh virus yang disebut dengan Varicella Zoster. Cacar air lebih mudah menyerang anak-anak karena bakteri penyakit ini bisa menular melalui kontak langsung. Kontak langsung seperti batuk atau bersin membuat cairan tubuh anak yang menderita akan mengenai lapisan kulit anak Anda. Setelah lebih dari sepekan, Anak anda akan menderita cacar.

Gejala sebelum anak Anda menderita yakni si Anak akan mulai demam disertai batuk-batuk atau sakit tenggorokan. Kulit Anak juga akan menimbulkan bercak merah setelah satu hari demam hilang. Tak hanya itu, nafsu makan anak juga akan mulai berkurang dan sering mengalami sakit kepala atau pusing.

Jika tanda-tanda itu terlihat, segera periksa lebih lanjut kondisi anak ke dokter, agar anak mendapatkan obat untuk mencegah tumbuhnya cacar air.

Batuk-batuk

Penyakit ini paling sering terjadi pada anak. Untuk itu awasi lingkungan dan teman bermainnya. Batuk adalah penyakit menular yang diakibatkan infeksi virus di saluran pernafasan. Jika teman si Anak menderita penyakit ini jangan biarkan anak Anda kontak langsung dengan si penderita.

Namun jika anak Anda sudah tertular penyakit ini, Anda bisa melihat gejala awalnya seperti hilangnya suara atau suara menjadi serak, batuk-batu sepanjang hari, dan sulit bernafas jika Anak juga sudah tertular Flu. Jika sudah terjadi gejala ini segera berikan anak obat batuk atau konsultasikan ke dokter.

Hepatitis A

Hepatitis A adalah penyakit yang bisa membuat anak mengalami pembengkakan dihati. Meskipun dihati, penyakit ini bisa menular dan rentan menular pada anak-anak karena sistem imunnya yang belum sekuat orang dewasa.

Baca Juga: Jangan Biarkan Gigi Anak Jadi Hitam

Penularannya bisa melalui makanan yang dikonsumsi bersama dengan anak yang memiliki penyakit hepatitis A. Tak hanya itu penyakit ini juga rentan ke anak jika Anda sering mengolah makanan laut dari air yang sudah terkontaminasi dan dimasak setengah matang.

Gejalanya dapat dilihat setelah dua hingga tiga minggu sejak Anak terkontaminasi mulai dari anak akan hilang nafsu makan, mual, turun berat badan, demam, sakit perut, dan yang paling menonjol adalah perubahan warna urin atau air kencing dan BAB yang tidak normal. Mata anak juga akan menguning pada bagian putihnya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY