Jangan Biarkan Gigi Anak Jadi Hitam

SHARE
Jangan Biarkan Gigi Anak Jadi Hitam

Bu, pasti tidak inginkan gigi buah hati kesayangan jadi menghitam? Gigi hitam dapat berakibat buruk bagi penampilan masa depannya. Senyumannya yang manis akan hilang jika gigi si kecil hitam.

Gigi menghitam atau mengkikis bisa disebut degan gupis (gigis). Jika ibu tidak memperhatikan makanan yang masuk kedalam tubuh si kecil bisa membuat giginya mengkikis berwarna hitam.

Ibu jangan membiarkannya. Meskipun anak tumbuh gigi baru. Gigi anak yang menghitam bisa memperlambat lajunya gigi permanennya. Akibatnya gigi anak akan tumbuh keluar jalur alias tumbuh di gusi. Cara mengatasinya dengan konsultasi ke dokter gigi untuk  menghilangkan infeksi pada gigi-gigi menghitam tersebut. Dan selanjutnya menutupnya dengan tambalan agar merangsang pengembalian mineral gigi

Oleh sebab itu, lakukan kiat-kiat ini untuk mencegah gigi anak menghitam agar giginya sehat dan tumbuh dengan jalurnya.

Terapkan Kedisiplinan Ini Agar Gigi Anak Tetap Sehat

Jangan Biarkan Gigi Anak Jadi Hitam

Biasakan Anak Gosok Gigi

Para Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Dr Moestop mengatakan anak yang sudah berusia 2 hingga 4 akan lebih menyukai makanan yang manis. Untuk itu peran orang tau sangat diutamakan mengingatkan anak agar rajin menggosok giginya. Dengan sering sikat gigi, anak Anda akan terhindar dari karies (gigi berlubang) dan akhirnya menghitam.

Anda juga disarankan membeli pasta gigi anak yang mengandung flour, agar gigi tetap kuat terhadap makanan manis. Biasakan anak sikat gigi setiap hari, pagi dan malam hari. Tepatnya setelah sarapan pagi dan sesudah makan malam.

Anda juga jangan sampai memberikan anak tertidur sebelum membersihkan dirinya, untuk itu latihlah sejak dini agar  gigi si kecil kuat dan selalu putih.

Jangan Biarkan Anak Minum Susu Menjelang Tidur

Jika Anak Anda dibiarkan minum susu menjelang tidur akan menyebabkan gigi anak menjadi karies. Hal itu disebabkan jika anak masih mengulum dot botol susu sama sama dengan mengulum permen dan makanan manis lainnya.

Jangan Terlalu Sering Memberikan Makanan Manis

Baca Juga: Anak Bisulan Gara-Gara Makan Telur, Mitos atau Fakta?

Selain kedua hal itu, Anda juga jangan terlalu sering memberikannya makanan manis seperti permen dan coklat. Batasi makanan yang terlalu manis tapi Anda jangan sampai melarangnya. Permen atau coklat boleh diberikan asal jangan terlalu sering. Misalkan berikan 2 kali dalam seminggu.

Semua kiat itu akan membuat senyum manis anak Anda tetap terjaga. Gigi bisa membuat anak semakin percaya diri dengan penampilannya.

Wanita kelahiran Bogor, 1 Mei 1994. Gemar membaca dan menulis di blog. Sekarang bekerja di Media Optify Indonesia sebagai Content Writer.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY