Bagaimana Cara Mengatasi Kesemutan? Yuk Simak!

SHARE
Bagaimana Cara Mengatasi Kesemutan Yuk Simak!

Apakah Anda sering merasa kesemutan disela-sela kesibukan.  Kesemutan atau Paresthesia adalah sebuah kondisi dimana seseorang sering mengalami mati rasa sesaat.

Seseorang yang mengalami kesemutan akan merasakan bagian tubuhnya kebas. Ia tidak akan bisa menggerakan bagian tubuh tersebut. Kesemutan sering disebut-sebut sebagai mati rasa.

Penyebab kesemutan diakibatkan adanya tekanan pada anggota tubuh dalam waktu lama. Misalnya saat Anda duduk di layar komputer, atau beristirahat dengan posisi tubuh yang kurang tepat. Tekanan inilah yang membuat  aliran darah ke saraf menjadi terhambat sehingga menimbulkan rasa sakit.

Perasaan kabar atau sakit akibat kesemuatan janganlah dibiarkan. Terlebih lagi bila Anda sering mengalami hal ini. Selain menganggu aktivitas sehari-haru, kesemutan juga dapat menggambarkan kesehatan Anda dalam keadaan tidak baik.

Kesemutan bisa terjadi akibat seseorang menderita penyakit diabetes, stroke, atau gangguan saraf. Anda akan merasakan kesemutan dalam jangka waktu yang panjang.
Meski begitu kesemutan bukan suatu hal yang perlu Anda takutnya. Sebab, ada cara mengatasi kesemutan dengan langkah sederhana.

Apa saja cari mengatasi kesemutan agar tidak terjadi kembali.

Olahraga yang Teratur

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi dan mencegah kesemuatan terulang adalah olahraga secara teratur. Olahraga bisa membuat peredaran darah menjadi lebih lancar sehingga kesemuatan tidak mungkin terjadi. Bila tak mempunyai waktu, sisihkan waktu sebentar saja untuk sekedar berjalan kaki.

Terapkan Pola Makan Sehat

Cobalah untuk mengonsumsi makanan empat sehat lima sempurna. Bersahabatlah dengan perbanyak minum air putih. Air putih dan makanan sehat dapat menjaga berat badan lebih ideal sehingga peredaran darah juga tetap lancar.

Baca Juga: 2 Kiat Pola Hidup Sehat Ini Bikin Sehat Terus

Konsumsi Vitamin Neurotopik

Vitamin ini terdiri dari vitamin B1, B6, dan B12 yang memiliki fungsi menjaga sistem saraf. Kesemuatan dan kram bisa diatasi dengan mengonsumsi vitamin neurotropik. Namun vitamin B1 bisa Anda dapatkan dari makanan seperti gandum. Sumber vitamin B6 bisa Anda perolah dari kacang-kacangan. Sementara itu sumber vitamin B12 pada makanan dapat Anda dapatkan di telur.

Itulah tiga cara sederhana untuk mengatasi dan mencegah kesemutan.

Wanita kelahiran Bogor, 1 Mei 1994. Gemar membaca dan menulis di blog. Sekarang bekerja di Media Optify Indonesia sebagai Content Writer.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY