4 Jenis Kanker yang Menyebabkan Rasa Sakit dan Nyeri ke Penderitanya

SHARE
4 Jenis Kanker yang Menyebabkan Rasa Sakit dan Nyeri ke Penderitanya

Nyeri merupakan keluhan yang paling sering dirasakan oleh penderita kanker. Rasa nyeri berasal dari sel-sel abnormal yang tumbuh dan merusak jaringan disekitar tubuh.

Seiring berjalannya waktu, tumor akan terus membesar dan mengakibatkan adanya tekanan pada saraf, tulang, atau organ sehingga menimbulkan rasa sakit dan nyeri.

Meski demikian, rasa nyeri atau rasa sakit yang dialami penderita kanker itu berbeda-beda tergantung pada berbagai faktor diantaranya lokasi kanker, penyebab kanker, termasuk dampak negatif dari pengobatan.

Berikut ini ada beberapa jenis kanker yang dapat menyebakan rasa sakit pada penderitanya

Kanker Perut

Jenis kanker ini merupakan jenis kanker yang paling sering dideteksi didunia. Pasiennya baru menyadari bahwa ada kanker setelah sel-sel kanker menyebar. Gejala awal kanker perut adalah nyeri pada perut, berat badan turun, dan terasa panas di dada. Lebih lanjut lagi, kanker akan menimbulkan rasa nyeri yang lebih berat bila sudah stadium lanjut dan tergantung pada penyebarannya. Seringkali kanker perut langsung menyerang usus dan membutukan tindakan operasi secepatnya.

Kanker pankreas

Tipa kanker ini sama seperti kanker perut, penderita baru menyadari saat sudah stadium lanjut. Kanker pankreas bisa menyebar ke bagian tubuh mana saja termasuk tulang dan kelenjar limpa. Sumber utama nyeri yang dikeluhkan pasien biasanya tulang yang dekat dengan postat diantaranya panggul, paha, dan punggung bawah. Tak jarang penderitanya sulit untuk berjalan lantaran terlalu nyeri.

Kanker payudara

Secata umum, kanker payudara tidak menimbukan nyeri hebat, namun bila sudah stadium lanjut, sel-sel kanker akan menyebar ke sistem saraf. Terasa lebih nyeri karena ada kerusakan saraf. Namun kanker payudara bila dilakukan kemoterapi juga bisa lebih memperburuk rasa nyerinya.

Baca Juga: 6 Buah-Buahan Pengobatan Herbal Dan Pencegah Kanker Payudara
By Maharani Sagita – April 26, 2016

Kanker otak

Otak tidak memiliki reseptor nyeri, namun karena adanya tekanan pada pembuluh darah (saraf) disekitar otak, penderita kanker otak dapat menyebabkan rasa sakit. Pasien ini biasanya akan merasakan sakit kepala berat. Meski mengonsumsi obat pereda nyeri tidak akan ampuh untuk mengusir rasa sakitnya. Tumor itak dapat memicu meningitis atau radang selaput otak.

Itulah beberapa jenis kanker yang dapat membuat pasiennya menderita sakit dan nyeri akibat kanker yang dialaminya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY