Macam-Macam Penyakit di Musim Hujan

SHARE
Macam-Macam Penyakit di Musim Hujan

Musim hujan yang terus mengguyur berbagai macam penyakit membuat anak rentan terserang berbagai penyakit.

Udara dingin dan angin kencang menjadi penyebab utama bakteri dan virus menyebar di sekitar lingkungan rumah Anda. Saat musim hujan penting untuk Anda menjaga semua anggota keluarga dari berbagai macam penyakit.

Cuaca buruk seringkali membuat imun seseorang menjadi lemah. Ditambah gaya hidup dan kurangnya mengonsumsi makanan yang sehat.

Lantas penyakit apa saja yang umumnya dialami anak saat musim hujan tiba? Adakah cara untuk mencegahnya? Berikut ulasannya sebagai berikut.

Macam-Macam Penyakit Musim  Hujan

Macam-Macam Penyakit di Musim Hujan

Demam dan Flu

Dua penyakit ini memang paling mudah menyerang anak-anak saat musim hujan. Jangan disepelekan. Bila demam dan flu pada anak dibiarkan begitu saja, Anak akan mudah mengalami berbagai penyakit lain mulai dari infeksi riangan hingga penyakit serius yang semuanya berawal dari demam dan flu.

Cara mencegah demam dan flu pada anak cukup menjaga asupan makanannya saja. Berikan makanan yang bernutrisi yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Diare

Selain demam dan flu, diare juga dapat menyerang anak-anak. Penyebab diare pada anak umumnya disebabkan oleh virus dan kuman yang biasanya mencemari makanan dan minuman. Baik makanan buatan rumah atau makanan yang dibeli dapat menyebabkan diare apabila dalam pembuatan atau penyajiannya tidak diperhatikan dengan baik.

Cara mencegah diare adalah dengan menjaga kebersihan. Pastikan semua makanan dan minuman yang masuk ke dalam mulut sudah terjaga kebersihannya. Semua yang masuk kedalam mulut anak harus higenis.

Demam Berdarah Dengue (DBD)

Genangan air pada musim hujan akan lebih banyak daripada biasanya. Genangan air inilah yang akan menjadi populasi atau habitat nyamuk penyebab demam berdarah Aedes Aegypti. Nyamuk akan menyerang sistem pembekuan darah. Darah yang beku akan mengakibatkan perdarahan. Maka penderita DBD yang sudah mengalami perdarahan sangat sulit nyawanya untuk bisa tertolong.

Baca Juga: Tips Mencegah Pilek dan Batuk Saat Musim Hujan

Cara mencegah DBD adalah dengan menghindari perkembangbiakan nyamuk Aedes Aegypti dengan 3M (menguras, mengubur, dan menutup)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY