5 Cara Menghilangkan Bau Badan Menyengat

SHARE
5 Cara Menghilangkan Bau Badan Menyengat

Bau badan adalah masalah yang harus dihadapi sebaian besar seseorang yang merasa memiliki bau yang tak sedap keluar dari tubuhnya. Bau badan seringkali membuat orang-orang terganggu dan merasa tidak nyaman jika berada didekat anda.

Bau badan tidak hanya berasal dari ketiak saja, ada bagian tubuh lain yang juga menjadi penyebab bau badan menjadi tidak sedap. Kelenjar minyak dan keringat juga muncul di bagian lain seperti kulit kepala, area genital, kaki, dan puting.

Menurut Joshua Zeichner, MD., Direktur Penilitian Klinis dan komestika dari Departemen Dermatologi di Mount Sinal Hospital, New York mengatakan penyebab bau keringat karena adanya bakteri alami yang tumbuh dikulit yang memecah keringat.

Kebanyakan orang yang merasa memiliki bau badan, memilih menggunakan deodorant setiap hari. Deodarant dianggap cara ampuh mengatasi bau badan tak sedap. Padahal menggunakan deodorant tidak menjamin bau badan anda hilang. Justru menggunakan deodorant bisa menambah kelenjar minyak dan keringat bertambah jika pemakain deodorant tidak cocok dengan kulit anda.

Lalu cara apa yang tepat untuk menghilangkan bau badan menyengat? Intip yuk caranya dibawah ini.

Tips menghilangkan bau badan paling ampuh

1. Hindari mengonsumsi makanan yang beraroma menyengat seperti bawang, bawang putih, dan kuah kari. Makanan menyenangat tersebut dapat mempengaruhi bau mulut serta bau badan anda. Anda bisa mengatasi bau mulut dengan beberapa tetes minyak pepermint dilidah.

2. Sebisa mungkin hindari stress dan tekanan berat. Saat pikiran stress dan merasa mengalami tekanan yang berat, kelenjar apokrin yang ada di bagian ketiak dan selangkangan. Bagian tersebut akan mengeluarkan cairan seperti susu. Cairan tersebut sebenarnya terdiri dari air dan lipid. Kedua senyawa ini sangat disukai oleh bakteri yang menyebabkan tubuh anda memiliki aroma tak sedap. Menghilangkan stress sebenarnya mudah, anda bisa melakukan meditasi seperti yoga atau sekedar melakukan olahraga yang menyenangkan seperti senam, jogging, bermain badminton, atau kegiatan lainnya.

3. Gunakan pakaian yang mudah menyerap keringat seperti pakaian yang terbuat dari katun, sutera, atau wol. Bahan-bahan tersebut lebih mudah menyerap keringat dibandingkan pakaian yang terbuat dari bahan rayon atau spandeks.

4. Mencukur bulu ketiak secara bakteri juga akan mencegah tubuh anda dari aroma tak sedap. Bulu ketiak yang tidak pernah dicukup akan menjadi sarang tumbuh bakteri dengan cepat. Terlebih lagi anda tinggal di lingkungan yang hangat dan lembap. Maka kelenjar keringat dan bakteri bisa menjadi penyebab bau badan anda.

Baca Juga: Apa Penyebab Kaki Pecah-Pecah dan kering? 

5. Cara lain yang bisa anda tempuh adalah dengab mengoleskan cuka apel. Zat asam pada cuka apel atau sari lemon bisa menghambat perkembangan bakteri penyebab bau badan. Namun saat menggunakannya, perlu ketelitian. Pastikan tidak ada luka pada bagian tubuh anda. Cuka apel atau sari lemon bisa menyebabkan iritasi bila digunakan pada luka. Teteskan beberapa cuka apel atau sari lemon pada ketiak anda.

Wanita kelahiran Bogor, 1 Mei 1994. Gemar membaca dan menulis di blog. Sekarang bekerja di Media Optify Indonesia sebagai Content Writer.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY