4 Larangan Yang Tak Boleh Dilakukan Wanita Saat Haid

SHARE
4 Larangan Yang Tak Boleh Dilakukan Wanita Saat Haid

Bagi seorang wanita, haid adalah fase normal yang terjadi setiap bulan ketika wanita sudah dapat dikatakan balig atau dalam artian sudah dewasa.

Darah yang dikeluarkan saat masa haid pada wanita adalah darah kotoran dan petanda bahwa wanita dalam keadaan subur. Sama seperti orang sakit, wanita yang sedang haid pun mempunyai beberapa larangan yang tidak boleh dilakukan.

Sayangnya masih banyak wanita yang belum banyak yang tahu larangan-larangan wanita haid yang tidak boleh dilakukan. Larangan ini dibuat untuk membuat masa haid berjalan normal dan tidak menggangu kesehatan.

Apa sajakah larangan untuk wanita haid yang tidak boleh dilakukan?

Kebiasaan wanita yang tidak boleh dilakukan saat haid

4 Larangan Yang Tak Boleh Dilakukan Wanita Saat Haid

Jarang Mengganti Pembalut

Darah haid bisa membuat vagina menjadi lembab dan panas ditambah darah haid mempunyai kasar estrogen yang tinggi. Dalam hal ini, wanita yang jarang atau malas mengganti pembalutnya bisa membuat vagina menjadi sumber tumbuhnya bakteri yang bisa berisiko besar untuk terkena beberapa masalah penyakit di Miss V. Sebaiknya saat haid seringlah untuk mengganti pembalut agar mikrooganisme tidak mudah berkembang dan tumbuh di sekitar area kemaluan wnaita.

Douching

Saat sedang haid, wanita biasanya lebih memperketat untuk menjaga area intimnya agar tetap wangi dan tetap bersih. Padahal Douching sangat tidak dianjurkan untuk wanita yang sedang haid apalagi jika dilakukan terlalu sering. Melakukan Douching bisa mengubah Ph (keasaman) vagina. Bakteri normal bisa mati sehingga berisiko besar terjadinya penyakit bakterial vaginosis yang umumnya ditandai dengan keluhan keputihan.

Tidur selalu larut malam (Begadang)

Sesibuk apapun kegiatan anda, pastikan untuk tidak begadang saat haid. Begadang bisa membuat perut anda menjadi stres dan keram pada perut akibat adanya peradangan. Tidur begadang juga membuat metabolisme tubuh wanita menjadi menurun. Kekebalan tubuh yang menurun bisa mengganggu mood anda.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mudah Langsung Tanpa Diet? 

Tidak Berolahraga

Menstruasi bukanlah halangan untuk wanita hanya bermalas-malasan saja. Jarang bergerak alias jarang berolahraga bisa memperburuk peredaran darah sehingga menyebabkan nyeri perut saat haid. Ada baiknya saat menstruasi pastikan tubuh lebih banyak bergerak dengan berolahraga. Ada beberapa contoh olahraga yang bisa anda lakukan seperti Jogging, yoga, senam, atau sekedar berjalan kaki.

Wanita kelahiran Bogor, 1 Mei 1994. Gemar membaca dan menulis di blog. Sekarang bekerja di Media Optify Indonesia sebagai Content Writer.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY