Dampak Keseringan Main Gadget Bisa Cidera Tangan

SHARE
Dampak Keseringan Main Gadget Bisa Cidera Tangan

Sehari-hari setiap orang pasti menggunakan gadgetnya. Terlebih masyarakat urban kini sudah semakin sulit dipisahkan oleh ponsel, tablet, laptop, dan beberapa gadjet lainnya.

Kendari demikian, manfaat gadjet sangat dirasakan oleh masyarakat saat ini. Kehadirannya bisa memudahkan kehidupan, baik untuk mencari infomrasi dan melakukan komunikasi dengan orang lain.

Tapi tahukan anda bahwa keseringan main Gadget ternyata punya dampak yang buruk untuk kesehatan. Terutama kesehatan tangan.

Tanpa anda sadari selain kesehatan mata dan lainnya, tangan juga ternyata bisa terkena cidera. Selama ini anda menggunakan gadget dengan tangan dan jari-jari anda. Mau tahu apa saja dampak kesehatan tangan karena keseringan main gadget?

Tiga Jenis Cidera Tangan Akibat Keseringan Main Gadjet

Dampak Keseringan Main Gadget Bisa Cidera Tangan

  1. Penyakit Carpal Tunnel Syndorome

Carpal Tunnel Syndrome adalah penyakit yang diakibatkan oleh gerakan yang terus menerus berulang di bagian pergelangan tangan. Ciri-ciri penyakit ini yakni adanya pembengkakan tendon dan menekan saraf. Pekerja yang sering menggunakan mouse, mengetik di komputer dan mengendarai motor rentan terkena penyakit ini. Gejala penyakit Carpal Tunnel Syndorome yang dialami penderita akan memburuk di malam hari. Aliran darah akan melambat dan menyebabkan pembengkakan karena terlambat. Tangan akan terasa nyeri dan mudah kesemutan pada ibu jari, jari telunjuk, dan jari tengah. Bahkan penyakit ini akan semakin memburuk  dan merambat sistem motorik sehingga membuat penderita sulit menggenggam tangan. Jika semakin parah lagi, bisa saja penderita mengalami kelumpuhan dan penyusutan otot dalam hitungan bulan.

  1. Arthritis Ibu Jari

Jangan sepelekan ibu jari tangan anda sebab ternyata keseringan main gadget bisa membuat ibu jari anda mengalami cidera yang disebut dengan Arthritis. Gejala penyakit Arthritis adalah adanya penyempitan tendon pada bagian ibu jari. Penderita akan mengalami sakit saat menekan dan meluruskan ibu jari. Bahkan ibu jari penderita penyakit Arthritis ini terkadang sulit untuk diluruskan.

Baca Juga: 5 Cara Diet Cepat Untuk Orang Kerja Kantoran

  1. Penyakit Cubital Tunnel Syndrome

Apa itu penyakit Cubital Tunnel Syndrome. Penyakit ini adalah penyakit mati rasa dan keseumatan pada bagian siku dan lengan bawah sebab penderita sering memposisikan siku sebagai tumpuan ketika sedang mengetik diatas meja komputer atau laptop dalam waktu yang lama. Dampak penyakit akan terasa ketika penderita sudah berusia 30 tahun.

 

Wanita kelahiran Bogor, 1 Mei 1994. Gemar membaca dan menulis di blog. Sekarang bekerja di Media Optify Indonesia sebagai Content Writer.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY