Ciri-Ciri Penyakit Lemah Jantung Anak Anak Dan Orang Dewasa

SHARE
Ciri Ciri Penyakit Lemah Jantung Anak Anak Dan Orang Dewasa

Jantung adalah salah satu organ intim pada tubuh manusia dan menjadi sumber kehidupan. Jantung terdiri dari sekumpulan otot yang mampu bergantung pada tekanan darah manusia.

Sudah sepatutnya kesehatan jantung harus dijaga dengan seksama agar terhindar dari penyakit Jantung seperti penyakit lemah jantung.

Penyakit lemah Jantung adalah kondisi dimana kemampuan fungsi jantung dalam memompa darah menutun. Lemah jantung menyebabkan alirah darah yang mengandung nutrisi dan oksigen untuk tubuh tidak berfungsi dengan baik.

Tidak normalnya fungsi jantung menyebabkan pola kemampuan jantung memompa darah ikut menurun sehingga tekanan darah membuat jantung bekerja dua kali lipat dan membuat penderita lemah jantung tidak akan boleh beraktivitas berat dan terlalu lelah.

Ketika kinerja jantung melemah maka tubuh pun mengalami beberapa ciri-ciri lemah jantung seperti dibawah ini.

8 Tanda Tanda Penyakit Jantung Lemah

Ciri Ciri Penyakit Lemah Jantung Anak Anak Dan Orang Dewasa

1. Sesak Nafas

Salah satu tanda penyakit jantung lemah. Sesak nafas merupakan salah satu ciri-ciri mengidap penyakit lemah jantung. Meskipun anda melakukan aktivitas ringan anda akan mengalami sulit bernafas karena darah masuk kembali ke organ tubuh yang berfungsi memasok oksigen untuk paru-paru kearah jantung. Akibatnya Paru-paru sulit untuk mendapatkan pasokan darah.

2. Cepat Merasa Lelah

Ciri-ciri penyakit lemah jantung ditandai dengan melemahnya tubuh untuk melakukan aktivitas apapun. Anda akan merasa cepat lelah meskipun sedang melakukan kegiatan ringan. Anda juga akan mengalami tingkat kecemasan dan rasa khawatir yang tinggi ketika tubuh anda sudah melemah. Hal ini disebabkan akibat pasokan darah tidak terpenuhi untuk organ tubuh.

3. Batuk-Batuk dan sulit sembuh

Ketika jantung melemah, penderita akan mengalami batuk-batuk yang sulit disembuhkan meskipun anda merasa sudah meminum obat batuk. Hal itu disebabkan pasokan darah untuk paru-paru tidak tercukupi akibat jantung yang tidak memompa dengan baik sehingga berpotensi menyebabkan bantuk kronis seperti batuk berdahak bercampur dengan darah.

4. Detak Jantung Tak Teratur

Ciri-ciri penyakit lemah jantung lainnya detak jantung penderita tidak beraturan karena kecepatan detak jantung dalam memompa melemah sehingga kinerja  jantung tidak seimbang. Akibatnya jantung bekerja keras dan membuat detak tak beraturan kadang cepat dan kadang melambat.

5. Berat Badan Terus Menurun

Penderita lemah jantung juga akan mengalami bobot berat badannya mengalami penurunan yang dratis karena asupan makanan gagal diterima dan dicerina oleh tubuh dengan baik. Gizi dan nutrisi pada makanan akan masuk ke sistem pencernaan sebab sistem pencernaan tubuh tidak mendapatkan pasokan darah dari jantung.

Baca Juga: 3 Penyebab Serangan Jantung Pada Usia Muda

6. Sebagian Tubuh Membengkak

Bagian tubuh tertentu akan mengalami pembengkakan atau dengan istilah edema. Penderita penyakit lemah jantung akan mengalami pembengkakan pada pergelangan kaki dan pergelangan tangan akibat aliran darah menuju ginjal tidaknormal. Ginjal yang tidak dipenuhi pasokan darahnya akan menyebabkan produksi hormon menyimpan simpanan garam secara berlebihan.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY