3 Penyebab Serangan Jantung Pada Usia Muda

SHARE
3 Penyebab serangan jantung pada usia muda

Jantung memilik peranan penting bagi kehidupan. Akhir-akhir ini banyak kasus kematian yang terjadi akibat serangan jantung secara mendadak.

Serangan jantung semakin menjadi wabah kematian yang sulit untuk tertolong. Serangan jantung juga tidak memikirkan usia. Bukan hanya orang tua saja yang bisa terkena serangan jantung. Usia muda juga terkena serangan jantung.

Serangan jantung adalah penyakit mematikan yang terjadi akibat adanya penyempitan pembuluh darah koroner. Adanya penyempitan tersebut disebabkan oleh sebuah plak yang terbentuk karena banyak timbunan kolesterol tinggi dalam darah.

Jika dihitung dalam persen, 80 persen darah harus melawati ke jantung. Kalau adanya penyempitan tersebut, maka hanya 20 persen saja darah yang melewati jantung sehingga 60 persen sisa darah mengental dan menggumpal di dalam tubuh sehingga lama-lama darah tidak bisa masuk ke jantung.

Penyempitan pembuluh darah yang menyebabkan serangan jantung memang tidak memandang usia seseorang. Maka itu banyak wanita maupun pria yang masih berusia muda terkena serangan jantung. Lalu apa penyebab serangan jantung pada usia muda?

Penyebab Penyakit Jantung Menyerang Usia Muda

3 Penyebab serangan jantung pada usia muda

1. Faktor Genetik

Faktor ini memang sangat berpengaruh terdahap risiko penyakit jantung pada usia muda. Namun kemungkinan besar seseorang terkena serangan jantung akibat faktor risiko tergantung pada kadar lipoprotein didalam darah. Tapi anda tak perlu takut jika anda mempunyai riwayat keturunan dari penyakit jantung. Anda bisa mencegahnya dengan melakukan pola hidup yang sehat untuk menghindari kecil kemungkinan serangan jantung menyerang baik saat usia anda masih muda atau hingga tua nanti.

2. Gaya Hidup Tidak Normal

Gaya hidup yang tidak normal seperti kebiasaan merokok, kurang olahraga, selalu mengonsumsi makanan yang mengandung kadar kolesterol tinggi,minum-minuman keras, stress, kurang tidur, dan gaya hidup yang tidak baik merupakan faktor pemicu serangan jantung menimpa anda yang masih berusia muda. Oleh sebab itu mulai sekarang terapkan gaya hidup sehat untuk masa depan anda nanti.

Baca Juga: 6 Cara Mencegah Serangan Jantung Pada Wanita

3. Sering Melakukan Olahraga Berat

Melakukan olahraga berat saat kondisi tubuh anda sudah lelah juga bisa memicu adanya penumbatan pada pembuluh darah. Oleh sebab itu tak heran jika banyak atlet atau orang yang melakukan olahraga meninggal dunia akibat serangan jantung sebab kondisi badan tidak sedang dalam keadaan baik. Olahraga berat membutuhkan aliran darah yang cepat sehingga kerja jantung akan dua kali lebih cepat. Jika kondisi tubuh terlalu dipaksakan maka kinerja jantung dapat terganggung dan membuat resiko penyumbatan dalam aliran darah lebih besar sehingga jantung tidak bisa menerima darah.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY