6 Cara Mencegah Serangan Jantung Pada Wanita

SHARE
6 Cara Mencegah Serangan Jantung Pada Wanita

Akhir-akhir ini banyak kejadian serangan jantung yang menimpa usia muda. Bukan hanya menimpa pria saja namun wanita juga bisa terancam penyakit yang bisa mematikan dalam hitungan detik.

Lalu apa sebenarnya serangan jantung itu? Serangan jantung adalah penyakit jantung koroner. Penyakit jantung koroner menyerang secara mendadak karena pembuluh darah utama yang berpean memasok darah ke jantung tersumbat sehingga darah tidak sampai ke jantung.

Tersumbatnya pembuluh darah sampai ke jantung diakibatkan oleh timbunan kolesterol berupa plak. Plak inilah yang retak sehingga mengakibatkan penggumpalan darah.

Gejala serangan jantung menyerang pertama jantung terasa sangat beredar seperti ada tekanan yang membuat sesak. Nafaspun kemudian menjadi sulit bahkan diiringi dengan sakit pada bagian punggung, lengan, dan bagian lainnya. Tak hanya itu saja, dada pun akan terada nyeri sehingga sulit tidur dan menjadi lelah.

Umumnya wanita yang beresiko terkena serangan jantung ialah wanita menopouse, wanita perokok aktif, memiliki riwayat keluarga penyakit jantung, memiliki penyakit diabetes, berat badan berlebih (obesitas), kolesterol tinggi, dan memiliki tekanan darah tinggi.

Oleh karena itu, jika anda para wanita yang ingin mecegah serangan jantung sedini mungkin yuk lakukan hal ini agar penyakit paling mematikan dengan cepat tidak menimpa anda.

Tips Mencegah Serangan Jantung Pada Wanita

6 Cara Mencegah Serangan Jantung Pada Wanita

1. Istirahat yang Cukup

Beristirahatlah dengan cukup. Jangan terlalu sering tidur larut malam atau begadang selain membuat kantung mata juga merusak kesehatan jantung. Minimal tidur 7-8 jam, dalam sehari agar aliran darah normal.

2. Olahraga secara rutin

Olahraga memang terbukti ampuh mengatasi segala macam penyakit dan mencegah serangan jantung. Lakukan gerakan tubuh yang menyehatkan seperti pemanasan dengan merenggangkan otot-otot tubuh, jogging, jalan cepat, bersepda, dan kegiatan olahraga lain yang anda suka. Minimal jadwalkan 2 kali olahraga dalam sepekan. Namun disarankan untuk berolahraga minimal setiap pagi 20 menit saja.

3. Berpikir Positif

Stress dan sedang dalam tekanan yang menggangu pikiran juga bisa beresiko terkena serangan jantung. Untuk itu berpikir positiflah selalu sehingga aliran darah menjadi lancar.

4. Kontrol Kolesterol dalam tubuh

Hindari mengonsumsi makanan yang mengandung kolesterol yang tinggi. Kolesterol bisa menggangu jantung anda. Lebih baik makanlah sayuran atau buah-buahan yang lebih bergizi dan bagus untuk asupan nutrisi anda setiap hari.

Baca juga: Harga Biji Polokyo Obat Pembunuh Ampuh Kanker, Kista, dan Tumor Nomor Satu

5. Berhenti rokok sekarang!

Jika ana wanita perokok lebih baik tinggal rokok anda mulai sekarang sebelum terlambat. Asap rokok dan kandungan rokok bisa membuat anda beresiko terkena perangan jantung karena kandungan rokok yang berbahaya untuk kesehatan anda.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY