6 Kiat Sehat Menyantap Makanan Sahur

SHARE
6 Kiat Sehat Menyantap Makanan Sahur

Bukan hanya sekedar menyantap makanan dan minuman sahur untuk membuat tubuh tetap sehat dan bugar selama menjalani ibadah puasa. Seringkali kebanyakan orang saat menyantap sahur berlebihan. Padahal hal itu bisa membuat tubuh melemah.

Agar puasa tetap lancar penting untuk memilih menu makanan dan minuman yang baik untuk kesehatan. Tubuh yang tidak fit atau sedang mengalami masalah kesehatan pasti akan mengganggu ibadah ramadhan dan berbahaya untuk kesehatan diri.

Sebeb bukan hanya memilih makanan dan minuman saja yang baik dan aman untuk tubuh tapi harus diperhatikan juga cara makan yang benar agar puasa tidak menjadi halangan untuk tetap menjalankan kegiatan atau rutinitas sehari-hari.

Kalau anda ingin tubuh tetap sehat bugar selama menjalankan puasa, ada baiknya anda melakukan tips sehat menyantap makanan sahur yang baik dan tepat berikut ini.

Tips Mengonsumsi Makanan Sahur Yang Baik Dan Tepat

6 Kiat Sehat Menyantap Makanan Sahur

1. Utamakan mengonsumsi air minum yang cukup saat sahur sehingga saat siang hari tubuh anda tidak kekurangan cairan yang bisa membuat ada lemas.

2. Saat berbulan puasa, hindari mengonsumsi minuman kopi dan teh, kedua minuman ini mengandung zat diuretic yang bisa membuat tubuh terus ingin buang air kecil. Namun sayangnya minuman segar bisa membuat tubuh hanya kuat bertahan 1-2 jam setelah itu justru akan membuat perut atau lambung perih.

3. Lebih baik perbanyak makan sayur-sayuran dan buah-buahan yang mengandung serat yang tinggi. Serat dari sayur-sayuran dan buah-buahan akan menghindar tubuh dari konstipasi atau sembelit selama Anda berpuasa.

4. Hindari juga mengonsumsi makanan yang mengandung lemak dan rasanya yang pedas. Makanan yang lemak dan

pedas bisa meningkatkan kolesterol darah sehingga pencernaan akan terganggu. Jika megonsumsi makanan yang berlemak dan pedas lebih baik selingi dengan iar putih yang banyak dan minum jus buah tanpa gula agar kolesterol tetap stabil.

5. Jangan tidur setelah solat tubuh karena apa yang anda makan sata sahur akan sia-sia. Energi yang dihasilkan dari makanan akan digunakan untuk tidur sehingga pada siang hari anda akan merasa lemas dan tak bertenanga.

Baca Juga: 7 Cara Mengatasi Bau Mulut Saat Sedang Berpuasa 

6. Untuk membuat energi anda tahan lama lebih baik konsumsi nasi merah, ubiubian, spagheti, bubur kacang hijau, dan gula aren sehingga anda akan tetap kuat menjalankan ibadah puasa.

Wanita kelahiran Bogor, 1 Mei 1994. Gemar membaca dan menulis di blog. Sekarang bekerja di Media Optify Indonesia sebagai Content Writer.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY