7 Cara Mengatasi Bau Mulut Saat Sedang Berpuasa

SHARE
7 Cara Mengatasi Bau Mulut Saat Sedang Berpuasa

Tak terasa bulan suci Ramadan yang ditunggu-tunggu dan hanya terjadi 1 bulan sekali dalam satu tahun tiba. Menyambut bulan puasa bukan hanya rohani saja, tapi fisikpun harus diperhatikan agar siap untuk berpuasa satu bulan penuh lamanya.

Terlebih dari kondisi fisik, ada satu hal mengenai kesehatan yang terpenting yang harus diperhatikan. Ya, bau mulut. Sebab meskipun bulan ramadhan semua aktivitas seperti sekolah atau bekerja tidak akan libur. Untuk itu masalah bau mulut perlu disiasati.

Bau mulut jangan dianggap remeh karena sedang menjalan ibadah puasa, tapi bau mulut petanda bahwa ada gangguan kesehatan yang membuat mulut memiliki wangi yang tak sedap. Bukan hanya itu saja bau mulut juga bisa membuat orang lain menjadi tidak nyaman.

Tidak mau bau mulut saat bulan puasa? Caranya mudah kok, hanya mengikuti beberapa cara mengatasi bau mulut yang efektif dan ampuh ini agar terhidar dari bau mulut saat bulan puasa.

Cara Mencegah Bau Mulut Tak Sedap Saat Berpuasa

7 Cara Mengatasi Bau Mulut Saat Sedang Berpuasa

1. Saat sahur maupun saat berbuka puasa minumlah air putih minimal 8 hingga 10 gelas setiap harinya. Mengonsumsi air putih dalam jumlah yang banyak bisa membantu mencegah bau mulut disiang hari. Air putih bisa meningkatkan produksi saliva atau air liur sehingga mulut akan terhindar dari bau yang tak sedap karena terjaga kebersihannya

2. Jangan lupa menggosok gigi dan lidah setiap habis makan juga bisa membantu mencegah bau mulut saat sedang berpuasa. Dengan menggosok gigi dan lidah bisa membersihkan mulut dari sisa-sisa makanan yang menempel di gigi dan lidah yang lama kelamaan bisa membusuk sehingga menyebabkan bau tak sedap.

3. Minum teh hijau tanpa gula saat berbuka puasa atau sahur juga bisa mencegah bau mulut terjadi. Teh  tersebut mempunyai zat polyphenol yang sangat berguna untuk membersihkan bakteri pada mulut hingga saluran pernafasan. Bagi anda yang suka merokok juga lebih baik konsumsi the hijau untuk mengurangi kerusakan rongga dan menggangu pernafasan.

4. Saat bulan puasa hindari mengonsumsi makanan yang berbau tak sedap seperti jengkol, durian, pete. Ketiga makanan itu memiliki bau yang menyengat dan membutuhkan waktu untuk menghilangkannya.

5. Kurangi merokok sebab merokok saat sahur dan berbuka juga ikut berkontribusi menyebabkan bau mulut pada siang harinya.

6. Gunakan obat kumur untuk membersihkan mulut lebih maksimal setelah menggosok gigi untuk menghilangkan sisa atau partikel makanan yang masih menempel.

7. Olahraga juga penting saat berbuka. Olahraga saat bulan Ramadan lebih baik dilakukan secara teratur saat menjelang atau sesudah berbuka puasa. Dengan berolahraga bisa menghilangkan zat-zat yang beracun yang memicu bau tak sedap.

Baca Juga: Lebih Baik Hindari 7 Menu Buka Puasa Ini 

Ketujug cara itu ampuh untuk mengatasi bau mulut yang tak sedap saat bulan puasa. Andapun akan selalu percaya diri untuk berbicara dengan orang lain tanpa perlu khawatir bau mulut.

Wanita kelahiran Bogor, 1 Mei 1994. Gemar membaca dan menulis di blog. Sekarang bekerja di Media Optify Indonesia sebagai Content Writer.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY