Lebih Baik Hindari 7 Menu Buka Puasa Ini

SHARE
Lebih Baik Hindari 7 Menu Buka Puasa Ini

Tak terasa tinggal menghitung hari lagi bulan suci Ramadan tiba. Bulan yang penuh berkah ini harus disambut dengan suka cita salah satunya dengan wajib menahan lapar, haus, dan nafsu sebab bulan ini adalah bulan dimana pahala terus dilipat gandakan.

Bagi muslim sudah kewajiban untuk menjalankan puasa selama sebulan penuh hingga tiba hari kemenangan atau hari raya Idul Fitri.

Tapi saat menjalankan ibadah puasa pasti ada saja keluhan sakit seperti maag, panas dalam, sariawan, asam lambung dan penyakit lainnya yang sebenarnya diakibatkan kurang menjaga pola makan. Jangan pernah menyalahkan puasa sebagai penyebabnya. Pasalnya banyak penelitian yang membuat suatu teliti tentang menfaat berpuasa sangat baik untuk kesehatan.

Oleh karena itu untuk mengurangi risko terkena penyakit selama bulan puasa. Lebih baik hindari menu buka puasa dbawah ini agar konidisi fisik tetap fit dan bugar sampai lebaran tiba. Lalu apa saja menu buka puasa yang harus dihindari? Berikut deretan makanan yang tidak baik untuk berbuka puasa.

7 Menu Buka Puasa yang Harus dihindari

Lebih Baik Hindari 7 Menu Buka Puasa Ini

Minuman Dingin atau Minuman Es

Banyak orang yang membeli minuman dingin atau es sebagai menu buka puasa lantaran rasanya menyegarkan tenggorokan karena telah menahan daaga sehari. Tapi minuman tersebut bisa membuat tubuh tak nyaman lantaran perut kosong. Sangat dianjurkan saat berbuka lebih baik pertama kali menyeruput minuman hangat seperti air putih hangat yang baik untuk tubuh.

Gorengan-Gorenang

Saat bulan ramadhan, penjual gorengan akan meningkat drastis karena makanan ini rupanya masih digemari sebagai hindangan menu buka puasa atau camilan wajib yang tepat dan pas dengan minuman segar. Namun kandungan minyak yang belemak bisa membuat tubuh lebih estra untuk memprosesnya akhibatnya tubuh banyak kehilangan karbohidrat, air, dan protein sehingga memicu obesitas atau kegemukan dan penyakit lainnya.

Jangan Konsumsi Makanan Manis Secara Berlebihan

Makanan manis menjadi makanan yang wajib dikonsumsi saat buka puasa karena bisa membuat tubuh kembali berenergi. Tapi jika mengonsumsinya dalam jumlah yang banyak maka akan meningkatkan resiko penyakit diabetes. Lebih baik konsumsilah kurma karena mudah dicerna tubuh dan mampu mengembalikan energi.

Makanan yang terlalu Asam

Hindari juga makanan yang asam karena akan memicu naiknya asam lambung dan membuat iritias lambung anda. Isilah perut anda dengan makanan yang baik seperti kentang atau nasi terlebih dahulu agar perut tidak kosong.

Makanan yang terlalu pedas

Bagi anda yang suka makanan pedas, alangkah baiknya saat bulan puasa tidak mengonsumsi makanan yang terlalu pedas karena akan menyebabkakan iritasi dan merusak lambung anda.

Makanan Bersantan dan Kental

Makanan jenis ini sangat tidak dianjurkan sebagai menu buka puasa karena bisa berpotensi meningkatkan kolesterol jahat (LDL). Santan itu mengandung lemak tak jenuh yang bisa meningkatkan resiko iritasi lambung dan memicu penyakit maag. Kalau sudah terkena penyakit itu maka ibadah puasa akan jadi terganggu.

Daging-Dagingan

Daging juga termasuk makanan yang sulit dicerna oleh tubuh dan menyebabkan metabolisme tubuh melambat dan memicu obesitas juga. Jika menyantap daging lebih baik dibarengi dengan asupan serat dari buah-buaha atau sayur-sayuran yang bisa membantu kerja tubuh mencerna daging.

Baca Juga: Gerakan Olahraga Ini Bisa Atasi Perut Buncit 

Daftar makanan diatas lebih baik tidak dikonsumsi selama bulan puasa, agar ibadah pun tidak terganggu karena badan fit. Selamat menjalankan puasa.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY