Cegah Demam dan Flu Saat Musim Pancaroba Dengan Cara Ini

SHARE
Cegah Demam dan Flu Saat Musim Pancaroba Dengan Cara Ini

Bukan hanya musim hujan saja manusia akan mudah terserang penyakit umum seperti demam dan flu. Saat musim pancaroba atau musim tak menentu juga demam dan flu bisa menyerang siapa saja yang imunnya sedang melemah.

Kedua penyakit ini memang tidak dikatagorikan sebagai penyakit berbahaya, tapi dampaknya akan mengganggu aktivitas. Pekerjaan akan terhambat karena harus terbaring lemah dikasur.

Kalau sudah demam, anda bisa mencoba 4 hal  ini untuk menyembuhkan demam dan flu. Pertama dengan beristirahat seharian untuk memulihkan tubuh anda, kedua minumlah air dengan cukup sebab saat demam dan flu penderitanya akan mudah dehidrasi. Kalau kekurangan cairan bisa-bisa akan menyebabkan infeksi.

Demam dan flu anda tak kunjung sembuh? Lebih baik datang ke dokter untuk diberikan obat yang cocok dengan anda. Nggak mau kan demam atau flu menyerang anda saat musim pancaroba? Anda bisa mencegahnya dengan kiat-kiat berikut ini.

Cara Menghindari Demam dan Flu Menyerang

Cegah Demam dan Flu Saat Musim Pancaroba Dengan Cara Ini

Segera Cuci Tangan

Setiap kali memegang benda umum atau bersalaman dengan orang lain disarankan untuk langsung mencuci tangan. Bukan mengajarkan sombong, bakteri atau virus banyak berkembang biak di benda-benda yang banyak orang lain gunakan juga. Kalau belum mencuci tangan lebih baik hindari menyentuh bagian wajah karena kuman akan menempel diwajah anda akan mudahnya masuk ke saluran pernafasan. Selain itu kalau anda mempunyai kebiasaan mengigit-gigit jari ada baiknya mulai sekarang dihentikan karena kuku adalah tempat kuman berkembang biak.

Mulai Sekarang Jangan Begadang

Tidurlah yang cukup. Tidur yang ideal adalah 8 hingga 10 jam. Tidur yang berkualitas akan membuat tubuh tidak akan cepat sakit karena bisa melawan bakteri.

Jangan Makan Sembarang

Makanan yang sehat bukan berarti harus mahal. Sayuran dan buah-buahan segar bisa membantu sistem imun anda tetap tejaga.

Olahraga yang cukup

Sesibuk apapun olahraga harus tetap dijalani agar otot-otot dalam tubuh tetap bekerja optimal untuk menyerang dan melawan bakteri atau virus. Minimal olahraga 1 kali dalam seminggu. Tapi yang lebih baik setiap pagi lakukan pemanasan ringan.

Hindari orang yang sedang flu

Pakailah masker jika anda benar-benar langsung berinteraksi dengan orang yang sedang sakit flu. Untuk menjaga-jaga anda tidak tertular. Sebab flu akan mudah menyebar melalui udara. Hindari juga minum dari gelas yang sama dengan penderita. Flu juga bisa menular lewat air liur. Sebisa mungkin jaga jarak lah dengan penderita flu.

Biasakan Hidup Sehat Tanpa Rokok

Baca Juga: 5 Camilan Sehat Kaya Protein Ini Saat Lapar Melanda

Rokok memang gudang penyebab sakit. Dengan kebiasaan merokok juga bisa meningkatkan resiko infeksi pada saluran pernafasan sehingga akan mudahnya terkena flu dan demam.

Wanita kelahiran Bogor, 1 Mei 1994. Gemar membaca dan menulis di blog. Sekarang bekerja di Media Optify Indonesia sebagai Content Writer.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY