Faktor Penyebab Gejala Sakit Haid Ini Sering Menyerang Wanita!

SHARE
Faktor Penyebab Gejala Sakit Haid Ini Sering Menyerang Wanita!

Hari pertama menstruasi memang masih menghantui setiap perempuan. Hari pertama identik dengan nyeri perut yang sangat amat menyakitkan.

Seringkali banyak wanita yang menghentikan aktivitasnya di hari pertama menstruasi. Sebab sakit perut yang tak terhankan membuat wanita sulit berdiri.

Nyeri di sekitar perut saat haid sebenarnya wajar. Tapi jika sakitnya membuat kamu sulit beraktivitas ada sebaiknya kamu patut curiga.
Bisa jadi kamu mengalami masalah menstruasi yang tidak normal. Rasa sakit yang berlebihan saat hari pertama menstruasi bisa disebabkan banyak faktor.

Berikut ini ada beberapa faktor penyebab sakit saat menstruasi yang ditandai dengan gejala-gejala hingga kamu bisa merasakan sakit perut yang luar biasa atau bahkan bisa menyebabkan kamu muntah-muntah hingga pingsan.

Penyebab Gejala Sakit Haid Muncul

Faktor Penyebab Gejala Sakit Haid Ini Sering Menyerang Wanita!

1. Kram Perut

Saat hari pertama haid, keram perut bisa saja dialami oleh semua wanita. Kram pada perut akan berlangsung hingga satu hari pernah atau bahkan bisa tiga hari. Penyebabnya beragam bisa karena kontraksi raham yang terlalu intens sehingga mendorong pembuluh darah. Akibatnya asupan oksigen ke jaringan otot-otot rahim terhambat hingga akhirnya kram perut muncul. Tenang kram perut bisa diatasi dengan mandi air hangat atau sekedar mengompresnya dengan air hangat sembari beristirahat sejenak.

2. Hati-Hati Endomatriosis

Endomatriosis atau penyebab utama gejala sakit haid. Jika wanita terserang endometriosis maka setiap kali haid akan merasakan sakit yang tak tertahankan. Kondisi ini terjadi ketika edometrium atau jaringan sepanjang garis rahim tumbuh keluar uteurus. Jika kamu sakit berlebihan saat haid ada baiknya kunjungi dokter kandungan untuk diberikan solusi dan tindakan lebih lanjut.

3. Fibroid Atau Tumor Jinak

Penyakit ini tumbuh di dinding uterus dan biasanya cukup umum dialami para wanita yang sudah berusia 30 tahun keatas. Meskipun jinak, kamu harus tetap berkonsultasi ke dokter karena bisa menyebabkan keguguran dan berpotensi terhadap kesuburan wanita. Bisa-bisa kamu akan mandul. Fibroid biasanya ditandai dengan pendarahan yang banyak di rahim atau kamu akan mengalami darah mens keluar lebih banyak dari pada biasanya.

4. Infeksi Organ Vital Wanita

Baca Juga: Inilah Olahraga Yang Tepat Untuk Penderita Penyakit Asma

Ledies jika kamu merasa sulit memiliki anak atau hamil ada kemungkinan besar kamu menderita PID atau Pelvic Inflamatory Disaese. PID ditandai dengan infeksi para organ reproduksi dan umumnya di sebabkan penyakit menular dari hubungan seksual. Penderita akan merasakan sakit luar biasa saat menstruasi. Untuk itu ada baiknya konsultasikan ke dokter sebagai langkah pencegahan penyakit ini.

Wanita kelahiran Bogor, 1 Mei 1994. Gemar membaca dan menulis di blog. Sekarang bekerja di Media Optify Indonesia sebagai Content Writer.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY