Kenali Cara Pencegahan Campak Pada Anak

SHARE
Kenali Cara Pencegahan Campak Pada Anak

Campak pada anak umumnya disebabkan oleh virus. Penyakit ini memang paling mudah menyerang anak  karena imun anak masih belum sempurna seperti orang dewasa.

Campak pada anak awalnya muncul ruam-ruam atau bintik-bintik merah disekitar tubuhnya. Penyakit ini dikatagorikan sebagai penyakit yang menular. Penularannya tersebut bisa melalui udara dan melalui air liur dari penderita.

Jika si kecil sudah menunjukan tubuhnya lemah dan muncul mata merah, mata anak menjadi sensitif terhadap cahaya, pilek yang akhirnya radang tenggorokan. Demam tinggi dan timbul bercak putih pada mulut dan tenggorokan itu adalah sengaja campak yang bisanya muncul satu hingga dua minggu setelah virus campak berhasil masuk dan mengalahkan imun anak.

Ibu tidak usah khawatir karena ada cara pencegahan agar anak kesayangan ibu terhindar dari penyakit yang berbahaya ini.

Lakukan Beberapa Hal Ini Untuk Mencegah Campak Pada Anak

Kenali Cara Pencegahan Campak Pada Anak

1. Imunisasi Anak Sejak Kecil

Sekali lagi, Imunisasi sebenarnya sangat penting untuk diberikan kepada anak. Berikan imunisasi dengan pilihan vaksin khusus campak ketika si kecil sudah berusia 9 bulan, 2 tahun, dan terakhir 6 tahun. Vaksin Campak bisa membuat imun anak menjadi kuat dan tahan terhadap beberapa serangan virus.

2. Pastikan Anak Menghindari Kontak Langsung Dengan Penderita Campak

Moms, selain itu pastikan juga sang anak menghindari atau menjauhi dahulu temannya yang sedang menderita campak karena virus ini rentan menghinggap anak kecil yang masih polos sehingga akan langsung berjabat tangan atau berbagi makanan dengan penderita campak.

3. Berikan Anak Makanan Sehat

Jangan biarkan anak jajan sembarangan. Lebih baik siapkan menu makanan sehat untuk anak agar nutrisi nya cukup terpenuhi dengan baik.Dengan mengonsumsi makanan sehat anak pun akan mempunyai kekebalan tubuh yang baik karena organ-organ tubunya berkerja dengan optimal untuk melawan kuman-kuman penyakit.

4. Ajarkan anak untuk Selalu Menjaga Keberisihannya

Baca Juga: Penyakit Berbahaya Ini Paling Sering Menyerang Orang Sibuk 

Boleh batasi anak bermain, namun jangan sampai anda melupakan kebersihannya karena bagaimanapun bersih pangkal sehat. Ajarkan anak untuk membiasakan diri mencuci tangan sebelum makan, menggosok gigi, dan lain-lainnya.
Dengan tiga langkah mudah ini bisa membuat anak terhindar dari beragam penyakit lainnya. Nah, bagaimana sekarang? Sudahkan moms melakukan pencegahan ini?

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY