4 Penyakit Kulit Ini Sering Menyerang Bayi Dan Balita

SHARE
4 Penyakit Kulit Ini Sering Menyerang Bayi Dan Balita

Merawat bayi dan balita tidaklah semudah merawat hewan peliharaan. Bayi dan balita mempunyai imun yang rendah. Jika tidak bisa merawatnya dengan baik justru akan menimbulkan beragam penyakit.

Kulit adalah bagian yang paling luar dari bayi dan balita. Oleh sebab itu kulit bayi dan balita lebih sensitif dibandingkan dengan kulit orang dewasa. Dibutuhkan perhatian khusus dalam merawat bayi.

Bicara soal kulit bayi dan balita yang sensitif, ada 4 penyakit yang harus diwaspadai. Penyakit-penyakit ini bisa menyerang bayi dan balita anda jika dalam merawatnya tidak diperhatikan.

Penyakit itu seperti eksim, kerak kepala, ruam popok, dan biang keringat. Lalu bagaimana cara mencegah agar penyakit kulit itu tidak menyerang bayi dan balita anda? Simak ulasannya berikut ini.

Cara Mencegah Agar Bayi Dan Balita Terhidar Dari Penyakit Kulit

4 Penyakit Kulit Ini Sering Menyerang Bayi Dan Balita

1. Eksim

Penyakit kulit yang umumnya menimpa orang dewasa tidak menutup kemungkinan juga bisa menimpa bayi dan balita anda. Penyakit ini sering disebut dengan eksema atau dermatitis. Eksim adalah suatu penyakit kulit yang diakibatkan adanya peradangan hebat membentuk leph atau gelumbung-gelembung kecil yang disebut visekel.

Penyakit ini bisa berbahaya karena jika gelumbeng visekel tersebut pecah bisa menyebar disekelilingnya. Bayi atau balita yang sudah terkena eksim lebih baik segera periksa kedokter. Jika tidak justru akan membuat perubahan fisik pada kulitnya. Cara mencegahnya, pastikan baju, tempat tidur, dan lain sebagainya untuk bayi dan balita itu bersih dan steril.

2. Kerak Kepala

Umumnya, bayi yang baru lahir memang akan memiliki kerak kepala. Penyakit kulit ini sebenarnya wajar terjadi karena adanya kandungan hormon sang ibu dalam tubuh bayi. Tenang, kerak kepala ini akan hilang sendiri alias penyakit ini bersifat sementara dan berlangsung hingga usia bayi sudah mencapai 8 bulan hingga setahun. Namun jika anda ingin menghilangkannya bisa dengan cara menggunakan katembat (pembersih kuping) kemudian babi oil. Perlu diingat membersihkannya tidaklah sembarangan dan jangan dipaksa karena akan membuat infeksi pada kulit kepala bayi.

3. Ruam Popok

Penyakit kulit selanjutnya yang bisa menyerang bayi dan balita adalah ruam popok. Mendengar namanya saja sudah pasti anda akan mengira bahwa penyakit ini diakibatkan oleh penggunaan popok bayi. Ya memang benar. Ruam popok atau infeksi kulit di sekitar paha dan pantat bayi ini disebabkan oleh kandungan zat kimia yang ada didalam popok atau disebut dengan zat ammonia. Zat ini berbahaya jika fases bayi dibiarkan terlalu lama sehingga berkembanglah bakteri-bakteri seingga mengakibatkan ruam popok. Cara mencegahnya dengan tidak membiarkan popok bayi begitu lama. Lebih baik ganti popok 4 kali dalam sehari.

4. Biang Keringat

Baca Juga: Lakukan Tips Hidup Sehat Ini Agar Tetap Awet Muda

Biang keringat termasuk kedalam penyakit kulit. Biang keringat diakibatkan oleh keringat yang terkena panas. Untuk itu, cara mencegahnya dengan menggunakan bayi atau balita anda pakaian yang menyerap keringat dan tidak terlalu ketat.

Wanita kelahiran Bogor, 1 Mei 1994. Gemar membaca dan menulis di blog. Sekarang bekerja di Media Optify Indonesia sebagai Content Writer.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY