Tips Kesehatan: Mencegah Penyakit Campak Pada Anak

SHARE
Tips Kesehatan Mencegah Penyakit Campak Pada Anak

Penyakit Campak atau bahasa medisnya Rubeola atau Measles adalah penyakit yang diakibatkan adanya virus menular yang menimbulkan infeksi. Infeksi tersebut akan menimbulkan ruam-ruam di seluruh anggota tubuh. Biasanya, Campak pada anak ditandai demam, batuk, dan konjungtivitis yakni adanya radang di area selaput mata anak.

Penyakit yang biasanya menimpa anak yang berusia 5 tahun kebawah ini adalah penyakit menular yang penyebaran virusnya melalui cairan dari penderita campak yang batuk-batuk dan bersin-bersin.

Penyebaran lainnya bisa melalui tangan yang memegang barang-barang yang menderita campak. Campak pada anak akan sangat mengganggu aktivitasnya bermain dan mengganggu kegiatan sekolahnya.

Penyakit ini umumnya akan menyerang dan muncul ruam-ruam berwarna merah kecokelatan sekitar satu sampai dua minggu setelah virus tersebut masuk ketubuh anak. Gejala-gejala lain yang akan diderita anak seperti mata merah dan lebih sensitif kepada cahaya paparan sinar matahari dan cahaya sinar lampu.

Sang anak juga akan terserang flu dan radang tenggorokan. Untuk itu lakukan pencegahan sejak dini agar kesehatan kekebalan tubuhnya bisa melawan virus campak.

Pencegahan Campak Pada Kesehatan Anak

Tips Kesehatan Mencegah Penyakit Campak Pada Anak

Anak lebih menyukai bermain diluar rumah bersama teman-temannya. Jangan batasi waktu bermainnya dengan alasan takut virus campak bisa masuk kedalam tubuhnya. Anda bisa melakukan vaksinansi yang bernama MMR. Dengan vaksin MMR, tiga jenis virus seperti demam campak, gondongan, dan rubela tidak akan bisa menyerang anak anda.

Berikan vaksin ini dua kali saat anak anda sudah mencampai umur 15 bulan dan saat umur anak anda berusia 5 tahun atau 6 tahun. Vaksin ini juga sangat penting untuk mencegah penyakit lainnya. Sehingga anak anda akan tetap aman meskipun bermain diluar ruangan dan melakukan kegiatan kesukannya.

Cara Mengobati Campak Pada Anak

Baca Juga: Lakukan Gaya Hidup Sehat Agar Sariawan Tak Datang Lagi

Penyakit datangnya dari tuhan, meskipun sudah melakukan beberapa pencegahan, ada saja anak yang terkena campak. Anda tak perlu panik karena dengan cara ini campak pada anak bisa diobati seperti:

1. Minum air putih yang banyak
2. Banyak istirahat dan hindari cahaya apapun
3. Konsumsi obat penurun deman khusus untuk anak

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY