Lakukan Gaya Hidup Sehat Agar Sariawan Tak Datang Lagi

SHARE
Lakukan Gaya Hidup Sehat Agar Sariawan Tak Datang Lagi

Saat sariawan melanda pasti akan terasa  menyakitkan dan perih. Sariawan atau bahasa medisnya stomatitis adalah penyakit radang pipi bagian dalam mulut yang disertai dengan bulatan putih kekuningan. Bulatan itu adalah bakteri tunggal ataupun bakteri kelompok yang menggerogoti mukosa atau pipi bagian dalam mulut.

Selain itu, sariawan juga dapat menyerang lidah, gusi, bahkan langit-langit rongga mulut yang tentunya sangat perih. Meskipun penyakit ini tidak dikatagorikan kedalam penyakit yang mematikan, tetapi sariawan bisa membuat nafsu makan berkurang. Tak hanya itu, sariawan juga mempunyai 3 jenis yang berbeda seperti:

Sariawan Aftosa: Sariawan yang diakibatkan oleh gigitan dan benturan sikat gigi yang menyebabkan luka. Sariawan Herpetic: Virus Herpes Simpleks lah yang menyebkan belakang tenggorokan menjadi sariawan. Sariawan Moniliasis: Sariawan yang disebabkan oleh jamur candida albicans. Jamur ini menyebabkan lidah anda menjadi sariawan.

Ketiga jenis sariawan itu juga dipicu akibat gaya hidup yang tidak sehat. Gaya hidup yang tidak sehat akan menyebabkan sariawan datang lagi dan lagi sehingga anda akan selalu merasakan rasa perih pada bagian mulut anda. Untuk itu lakukan gaya hidup sehat agar sariawan tak datang lagi.

Berbagai langkah untuk mengobati sariawan agar tak datang lagi

Lakukan Gaya Hidup Sehat Agar Sariawan Tak Datang Lagi

1. Menjaga kebersihan mulut dengan rutin menggosok gigi

2. Hindari makanan yang sangat pedas

3. Jangan memakan makanan yang masih terlalu panas

4. Mengonsumsi vitamin B, C, asam folat dan zat besi atau mengomsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C. Tetapi pastikan buah-buahan tersebut telah dicuci bersih untuk menghindari bakteri atau kuman masuk kedalam tubuh

5. Jangan makan terburu-buru untuk menghindari lidah atau bibir tergigit gigi

Jika gaya hidup sehat ini dilaksanakan, penyakit menganggu ini tidak akan kembali menyerang lidah dan bibir anda. Tetapi jika anda saat ini sedang merasakan perih akibat sariawan, anda bisa mengatasi dan mengobatinya dengan cara ini.

Baca Juga: Jurus Jitu Lolos Tes Psikologi Seleksi Kerja

1. Siapkan campuran baking soda dan air, lalu oleskan campuran tersebut ke luka atau bulatan sariawan yang berwarna putih. Baking soda sudah dipercayai bisa membunuh bakteri penyebab sariawan. Selain baking soda, bubuk kopi juga bisa menjadi pilihan untuk dioleskan pada bulatan sariawan yang didiamkan sekitar 5 menit, lalu dibilas hingga bersih.

2. Rutinlah berkumur dengan air kelapa atau air dari tumbuhan kulit batang pohong jambu air. Air kepala dan kulit batang pohon jambu air bisa membuat sariawan mereda karena kandungannya

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY